Cara Menanyakan Loker via WA untuk Para Pencari Kerja

Cara-Menanyakan-Loker-via-WA

Terkadang para pelamar kerja hanya bisa menunggu dalam via email untuk mendapat panggilan, namun ketahui juga cara menanyakan loker via wa. simak dibawah.

Mencari lowongan pekerjaan tidak hanya sebatas dari media sosial, website resmi, atau portal loker saja, lho! Anda juga bisa langsung bertanya kepada perusahaan yang ingin Anda lamar via WA. Sebelum itu, Anda harus tahu dulu bagaimana cara menanyakan loker via WA.

Hal ini sangat penting agar pesan Anda tersampaikan dengan baik kepada HRD perusahaan tersebut. Anda tentu tidak ingin kehilangan kesempatan bekerja di perusahaan impian hanya karena salah mengirim pesan WA, bukan? Di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum bertanya lowongan pekerjaan via WA.

  1. Mengatur Tata Bahasa yang Digunakan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tata bahasa. Perusahaan pastinya ingin memiliki karyawan yang sopan dan tahu cara berkomunikasi dengan baik. 

Meski terdengar sepele, cara menanyakan loker via WA banyak membuat calon pencari kerja gagal, lho! Anda bukan hanya harus sopan dan santun saja saat berkirim pesan dengan HRD. Akan tetapi, Anda juga harus mampu menulis pesan yang singkat, terstruktur dengan baik, dan jelas maksudnya.

  1. Memperhatikan Waktu Pengiriman Pesan WA

    Siapa sangka waktu berkirim pesan WA sangat penting untuk sebuah pesan pertanyaan loker. Biasanya, Anda mengirim pesan WA kapan pun dan di mana pun ketika merasa perlu mengirimnya. 

    Namun, bila ingin mengirim pesan seperti ini Anda harus tahu kapan waktu yang tepat. Kirimkan pesan WA Anda antara jam 9.00 hingga 17.00 WIB. Bila perlu, Anda cari tahu dulu jam perusahaan tujuan Anda.

    1. Jangan Lupakan Pengenalan Diri
    cara-menanyakan-loker-via-wa

    Cara menanyakan loker via WA tentu tidak langsung menodong dengan pertanyaan. Melainkan, Anda perlu memperkenalkan diri dulu agar HRD juga tahu siapa yang sedang menghubungi mereka. 

    Tidak perlu terlalu bertele-tele pula. Anda bisa menyebutkan nama, background pendidikan atau skill yang selaras dengan loker yang Anda inginkan.

    Anda juga bisa menambahkan satu atau dua kalimat yang meyatakan alasan ketertarikan Anda terhadap lowongan pekerjaan yang Anda cari.

    1. Tidak Memaksa dan Sabar Menunggu Balasan 

    HRD dari sebuah perusahaan tentu akan sangat sibuk khususnya HRD dari perusahaan besar. Sangat mungkin Anda tidak mendapat balasan dari HRD dalam waktu dekat. Sehingga, Anda harus sabar menunggu dan tidak mengirimkan pesan WA berulang. 

    Jangan sampai Anda membuat HRD kesal karena Anda berondong dengan pesan WA. Ketika waktunya sudah ada  HRD pasti akan membalas pesan Anda. 

    Namun, Anda juga bisa melakukan follow up setidaknya setelah lima atau satu minggu belum mendapat balasan. Bisa jadi HRD terlalu sibuk hingga lupa tidak memeriksa keseluruhan pesan WA yang masuk. 

    Pastinya Anda harus menggunakan bahasa yang sopan dan memperhatikan waktu pengiriman pesan juga.  

    1. Mencantumkan Sumber Kontak

    HRD pastinya juga ingin tahu darimana Anda mendapatkan kontak WA mereka. Jadi, Anda bisa menuliskan juga di pesan WA tersebut darimana Anda mendapatkan nomor WA sang HRD. 

    Khususnya bila nomor tersebut Anda dapatkan bukan dari website atau portal pencari kerja yang bisa diakses siapa pun. Hal ini sangat penting agar tidak membuat HRD kebingungan bila ada nomor asing yang tiba-tiba menghubungi mereka.

    Sampai di sini saja panduan cara menanyakan loker via WA yang bisa Anda pelajari. Ternyata menanyakan lowongan kerja via WA tidak sulit dan justru praktis, bukan?

    Pos terkait